Keren! Pelantikan 210 Anggota KPPS Kelurahan Malabutor Diwarnai Aksi Tanam Pohon

0
25
Ketua PPS Kelurahan Malabutor bersama KPPS yang telah dilantik pada Kamis (25/1/2024).
Spread the love

SORONG, jurnalpapua – Sebanyak 210 orang yang menjadi anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Malabutor Distrik Sorong Manoi Kota Sorong, resmi dilantik pada Kamis (25/1/2024). Serunya, pelantikan ini diwarnai aksi tanam pohon sebagai wujud kecintaan penyelenggara pemilu kepada alam.

Pelantikan yang berlangsung di Kantor Lurah Malabutor ini, dipimpin oleh Muhamat Boinauw, Ketua PPS Kelurahan Malabutor, mewakili KPUD Kota Sorong.

“Bapak dan Ibu yang hari ini di lantik, sudah resmi menjadi bagian dari penyelenggara pemilu serentak 2024. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban penyelenggara, untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu serentak ini,” kata Amat, sapaan Muhamat Boinauw dalam sambutannya.

Menurutnya, KPPS sangat penting perannya sebagai penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam sambutannya, Muhamat Baoinauw juga menyampaikan pesan dari Ketua KPU RI, yang ditujukan kepada seluruh lapisan penyelenggara pemilu serentak hingga tingkat adhoc.

“Pesan Ketua KPU RI, mari kita berlayar bersama hingga sampai ke tujuan, jangan ada yang keluar dari pelayaran ini. Jika ada yang sengaja keluar maka KPU tidak bertanggung jawab.  Artinya bahwa mari kita sama melaksanakan tahapan dan penyelenggaraan kita sesuai pedoman, jangan membelot dan tersusupi dengan kepentingan tertentu, karena itu bukan tanggung jawab KPU,” tandas Amat.

Di Kelurahan Malabutor terdapat 30 TPS, dimana jumlah KPPS yang dibutuhkan sebanyak 210 orang yang dibagi menjadi 7 orang setiap TPS. Dijelaskan Amat, para anggota KPPS yang dilantik, telah melalui tahapan seleksi secara ketat sehingga dinyatakan lolos, ditetapkan dan dilantik.

Selaku Ketua PPS Kelurahan Malabutor, Muhamat Boinauw menegaskan, PPS Kelurahan Malabutor terus berupaya semaksimal mungkin kerja dan tahapan Pemilu di laksanakan sesuai jadwal. Yang terpenting adalah kerja PPS terus berpedoman terhadap PKPU dan aturan lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu.

Usai pelantikan, Amat mengajak seluruh anggota KPPS untuk menanam pohon sebagai bentuk rasa cinta terhadap alam. Seperti disampaikan Ketua KPU RI, alam telah banyak memberikan kontribusinya kepada manusia, termasuk juga dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Kertas suara yang akan kita pergunakan dalam Pemilu nanti, bahan bakunya adalah pohon yang tumbuh di alam. Untuk itu, sebagai penyelenggara pemilu, mari kita sama-sama cintai alam ini,” tukas Amat. JP04

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here