GoPay Tabungan by Jago: Revolusi Gabungan E-Money dan Perbankan di Indonesia

0
84
Hans Patuwo, President of Financial Technology GoTo, dan Arief Harris Tandjung, President Director of Bank Jago, pada Peluncuran GoPay Tabungan by Jago di Jakarta.
Spread the love

JAKARTA,jurnalpapua.id – GoPay, yang merupakan bagian dari GoTo Financial, bersama dengan Bank Jago, telah resmi meluncurkan GoPay Tabungan by Jago, sebuah layanan rekening transaksi sehari-hari yang dapat diakses melalui aplikasi GoPay atau Gojek. Ini adalah langkah signifikan dalam penggabungan layanan e-money (uang elektronik) dengan keunggulan perbankan, pertama kali di Indonesia.

Layanan terbaru ini menandai evolusi GoPay dalam membawa inovasi ke dunia finansial, mengikuti peluncuran aplikasi GoPay pada bulan Juli 2023. Hans Patuwo, Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo, mengungkapkan, “GoPay Tabungan by Jago menjawab tantangan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank. Ini adalah rekening transaksi sehari-hari pertama di Indonesia yang menggabungkan layanan uang elektronik (e-money) yang sederhana dengan keunggulan bank. Sebelumnya, GoPay hanya digunakan untuk pembayaran, tetapi sekarang GoPay juga memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer, menyimpan uang untuk transaksi sehari-hari, dan bahkan mengajukan pinjaman, semuanya dalam satu aplikasi.”

Menurut data dari Bank Indonesia, sekitar 97 juta orang dewasa di Indonesia termasuk dalam kategori unbanked, yang artinya mereka tidak memiliki rekening bank. Risalah Bank Dunia (Global Findex Database 2021) mencatat beberapa tantangan yang dihadapi oleh masyarakat, seperti jarak ke bank yang jauh, keterbatasan finansial, dan biaya administrasi yang tinggi.

Arief Harris Tandjung, Direktur Utama Bank Jago, menyatakan, “GoPay Tabungan by Jago diluncurkan sebagai bagian dari kolaborasi strategis antara GoPay dan Bank Jago, bank berbasis teknologi yang terintegrasi dalam ekosistem digital. Dengan berbagi visi yang sama, kami percaya bahwa kolaborasi antara bank dan ekosistem digital adalah kunci utama untuk mengakselerasi inklusi keuangan melalui kepemilikan rekening bank.”

GoPay Tabungan by Jago menawarkan sejumlah manfaat penting:

(1) Layanan GoPay yang Sederhana

Melalui aplikasi GoPay atau Gojek, pengguna dapat mengubah saldo GoPay menjadi GoPay Tabungan by Jago dalam waktu dua menit.

Layaknya GoPay, pengguna dapat melakukan top up dan bertransaksi dengan GoPay Tabungan by Jago di berbagai tempat, termasuk di Alfamart, Indomaret, driver Gojek, ATM, dan berbagai channel lainnya.

Layanan ini dapat digunakan di seluruh merchant yang menerima GoPay sebagai metode pembayaran, termasuk aplikasi Gojek, Tokopedia, QRIS, serta berbagai merchant online dan offline lainnya.

(2) Keunggulan Bank

Pengguna dapat menikmati bunga sebesar 2,5% per tahun, dengan tanpa batasan maksimal saldo dan transaksi bebas dengan nilai berapapun.
Keamanan GoPay Tabungan by Jago diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

(3) Tanpa Biaya Khawatir

Tidak ada keharusan untuk memiliki saldo minimum atau membayar biaya administrasi bulanan.
Pengguna juga dapat melakukan transfer ke berbagai bank tanpa biaya melalui aplikasi GoPay.

“Dengan diluncurkannya GoPay Tabungan by Jago, masyarakat Indonesia yang sebelumnya tidak memiliki rekening bank memiliki akses lebih besar ke layanan finansial yang aman dan inovatif, memungkinkan mereka untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik. Langkah ini menggambarkan bagaimana kolaborasi antara layanan digital dan perbankan dapat membuka pintu inklusi keuangan bagi lebih banyak orang.” tutup Hans Patuwo, Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo.(JP02)

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here