Dua Malam, Api Abadi PON XX Papua Bersemayam di Pendopo Kabupaten Sorong

0
183
Lentera Api Abadi PON XX Papua Tahun 2021, yang dinyalakan dari api abadi di sumur migas PT Pertamina EP Zona 14 Papua Field. Foto: Tantowi/JP
Spread the love

SORONG, jurnalpapua.idDua lentera api abadi PON XX Papua yang dinyalakan dari obor PT Pertamina EP Papua Field Zona 14 Klamono, disemayamkan selama dua malam di pendopo Kabupaten Sorong sebelum diterbangkan ke Biak untuk diarak keliling Papua, Papua pada Senin (27/9/2021).

Setelah diambil dari sumber api di area PLTMG PT Pertamina EP Klamono ada Sabtu (25/9/2021), dua tungku api yang menjadi symbol berkobarnya semangat para atlet PON XX Papua itu diarak menggunakan mobil bak terbuka menuju pendopo Kabupaten Sorong yang ada di kilometer 23.

Sebelum meninggalkan Kabupaten Sorong, lentera api PON ini akan diarak untuk disaksikan masyarakat di jalur utama Kabupaten Sorong di Aimas pada Senin pagi. Dari Pendopo, lentera akan dibawa ke Kantor Bupati Sorong di kilometer 24 untuk pelaksanaan upacara pemberangkatan.

Usai prosesi upacara, lentera akan bergerak bersama iring-iringan mobil pembawa API PON XX menuju Distrik Aimas untuk diperlihatkan kepada masyarakat, sebelum akhirnya menuju bandara DEO Kota Sorong.

Rute kirab lentera APU PON XX di Kabupaten Sorong adalah; dari Pendopo Kabupaten dibawa ke Kantor Bupati, kemudian dilanjutkan arak-arakan ke arah tugu merah sampai dengan alun-alun Aimas. Dari Alun-alun peserta kirab belok ke kiri menuju Aimas Unit 1 sampai di perempatan SMA 1 Aimas. Rombongan kirab akan putar ke arah alun-alun Aimas melalui jalan Cempedak Jalur D.   

Kirab lentera api abadi ini juga akan dilakukan oleh panitia penyelenggara PON XX Papua di sejumlah ruas jalan utama di Kota Sorong.

Untuk terbang ke Biak, Papua, lentera api ini akan dibawa tim dengan naik pesawat ATR 42 Travira Air pada pukul 11.00 WIT. Untuk syarat penerbangan, setiap penumpang harus menyertakan Sertifikat Vaksin, Surat PCR, dan surat kelengkapan lainnya. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here