Ridwan Rumasukun Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Papua Gantikan Lukas Enembe

0
77
Ridwan Rumasukun ditunjuk Jokowi sebagai Pj Gubernur Papua, menggantikan Lukas Enembe.
Spread the love

JAKARTA, jurnalpapua – M Ridwan Rumasukun akan dilantik sebagai Penjabat atau Pj Gubernur Papua pada 5 September 2023. Ia akan menggantikan Lukas Enembe.

Dilansir dari Tempo.co, sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) menyerahkan tiga nama Antonius M Ayorbaba, Juliana J Waromi, dan M Ridwan Rumasukun ke Kementerian Dalam Negeri. Pada akhirnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua.

Keputusan ini merupakan hasil dari sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin mengkonfirmasi keputusan tersebut dan mengatakan, “Ya, ya, ya, kemarin diputuskan, Presiden (Jokowi) memimpin langsung,” katanya.

Keputusan ini akan diwujudkan dalam pelantikan yang akan dipimpin Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian. 

Perjalanan Karir Ridwan Rumasukun

Ridwan Rumasukun lahir pada 14 Oktober 1964 di Jakarta. Sebelum menduduki posisi sebagai Pj Gubernur Papua, ia telah memiliki pengalaman yang luas dalam berbagai jabatan di sektor pemerintahan. Berikut adalah perjalanan karirnya yang mencerminkan dedikasinya terhadap pelayanan publik:

Pendidikan

Pendidikan merupakan fondasi penting dalam perjalanan karir Ridwan Rumasukun. Ia menyelesaikan pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Sorong pada 1976. 

Kemudian, ia melanjutkan ke tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sorong dan lulus pada 1981. Pendidikan menengah atas diselesaikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 413 Sorong pada 1984.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Ridwan Rumasukun melanjutkan studinya ke tingkat sarjana di STIE Ottow & Geissler Jayapura, dan meraih gelar Sarjana Ekonomi pada 1994. 

Pendidikan tingkat lanjutannya adalah Pascasarjana (S2) di Universitas Hasanuddin, yang berhasil diselesaikan pada 2002. Puncak pendidikan ia adalah meraih gelar Pascasarjana (S3) dari Universitas Brawijaya pada 2013.

Riwayat Jabatan Ridwan Rumasukun

Perjalanan karir Ridwan Rumasukun dimulai pada 1990 sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Jiwa Abepura Kota Jayapura. Dari sana, ia terus naik pangkat dan menduduki berbagai posisi penting, termasuk:

Kasubag Administrasi Badan Pengawasan Daerah (Bawasda) Provinsi Irian Jaya (1999)

Kasubag Bidang Kesehatan dan Kependudukan Bawasda Provinsi Irian Jaya (2001)

Kepala Bidang Keuangan Bawasda Kabupaten Puncak Jaya (2005)

Kepala Dinas Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) Kabupaten Puncak Jaya (2009)

Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Papua (2013)

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua (2013)

Asisten Bidang Umum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Papua (2019)

Sekretaris Daerah Provinsi Papua (2021)

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua (2023). JP03

Sumber : https://nasional.tempo.co/read/1768257/jokowi-tunjuk-ridwan-rumasukun-jadipj-gubernur-papua-gantikan-lukas-enembe

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here