Tekan Angka Stunting di Sumuri, Genting Oil Kasuari Latih Masyarakat Setempat Olah Makanan Bergizi

0
130
Pelatihan mengolah makanan bergizi oleh Genting Oil Kasuari di Distrik Sumuri, Selasa (30/5/2023).
Spread the love

SUMURI, jurnalpapua.id – Tingginya angka stunting di Distrik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menjadi perhatian manajemen Genting Oil Kasuari Pte. Ltd.

Berkolaborasi dengan Puskesmas Kampung Tofoi, Distrik Sumuri, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) SKK Migas ini mengadakan pelatihan pengolahan makanan sehat dan bergizi bagi masyarakat setempat, Selasa (30/5/2023).

Pelatihan yang dipusatkan di Balai Pertemuan Kantr Distrik Sumuri di Tofoi ini, menjadi bagian dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) di bidang Kesehatan dengan tema ‘’Gerakan Peduli Stunting – Warung Ibu dan Anak Sehat’’.

Pelatihan ini menggunakan bahan baku lokal yang terdapat di sekitar rumah, dengan fokus pada pengolahan bayam menjadi bayam crispy dan pentol bayam, serta ikan lele menjadi abon ikan.

Bayam dan ikan lele dipilih karena mudah didapat di wilayah Sumuri, sehingga diharapkan masyarakat, terutama ibu-ibu yang memiliki balita, dapat memanfaatkan bahan-bahan lokal tersebut untuk dijadikan lauk atau kudapan yang enak dan bergizi, serta mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan instan yang mengandung bahan pengawet.

Pada pelatihan tersebut, pengajar yang merupakan petugas gizi dari PKM Tofoi, Arma H., SKM, menjelaskan bahwa kandungan nutrisi pada bayam, seperti kalsium dan magnesium, sangat bermanfaat bagi perkembangan otak dan sirkulasi darah balita. Sementara itu, ikan lele mengandung banyak asam lemak omega-3 yang baik bagi ibu hamil, serta protein tinggi yang sangat baik bagi balita dan dapat mencegah stunting.

Silas Masumbauw, SKM, selaku kepala Puskesmas Tofoi, Distrik Sumuri Kabupaten Teluk Bintuni, mengapresiasi dan berterima kasih kepada SKK Migas-KKKS GOKPL atas program yang sangat bermanfaat ini untuk menurunkan stunting di Kampung Tofoi.

“Semoga program pencegahan stunting dapat terus dilakukan pada tahun-tahun berikutnya oleh Genting Oil,” kata Silas.

Hendy Sahetapy, Field External Supervisor Genting Oil Kasuri Pte. Ltd (GOKPL), dalam kesempatan yang sama menyampaikan kegiatan ini merupakan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) di bidang Kesehatan ‘’Gerakan Peduli Stunting – Warung Ibu dan Anak Sehat’’ yang telah dilakukan sejak tahun 2020 dan akan terus dilanjutkan di Distrik Sumuri, Distrik Babo, dan kampung-kampung lainnya.

Selain pelatihan dengan memanfaatkan bahan lokal, GOKPL juga telah membuat kolam ikan air tawar dengan sumber protein seperti ikan lele sangkuriang dan mujaer, serta kebun stunting percontohan di kampung Materbau Jaya. Program ini juga mendukung upaya pencegahan stunting dan merancang program yang berkelanjutan dari hulu ke hilir.

Hadir dalam kegiatan dimaksud, Sekretaris Distirk Sumuri Ibu Valentina Kareth, Kepala Puskemas Tofoi Silas Masumbauw bersama tim PKM Tofoi, Kapolpos Distrik Sumuri Rikson Saragi, Danposramil Distrik Sumuri Eko D, Field External Supervisor Genting Oil Kasuri Pte. Ltd, Hendy Sahetapy bersama tim. Pada akhir kegiatan pelatihan, diserahkan dukungan berupa susu untuk ibu hamil dan anak-anak, vitamin, serta makanan tambahan. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here