Dukung Kegiatan Akademisi dan Improvisasi Program CSR, PT KPI RU VII Jajaki Riset Bersama Unimuda

0
82
Spread the love

SORONG, jurnalpapua.id – PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit VII Kasim, terus berupaya melakukan improvisasi dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). Untuk mendapatkakn sudut pandang expert sains, perusahaan pengolah minyak ini menggandeng Universitas Muhammadiyah (Unimuda) Sorong untuk melakukan penelitian (riset).

Dodi Yapsenang, Area Manager Communication, Relations, CSR  & Compliance Refinery Unit VII Kasim Subholding Refining & Petrochemical PT KPI menyampaikan, salah satu alasan digagasnya kerjasama riset ini, karena akademisi merupakan salah satu stakeholder yang berperan penting dalam perkembangan daerah.

“Universitas Muhammadiyah Kabupaten Sorong yang merupakan salah satu universitas terbaik di Papua Barat, adalah salah satu akademisi yang senantiasa terus mendorong perkembangan daerah,” kata Dodi kepada media ini, Sabtu (11/2/2023).

Kerjasama riset dengan Program Studi Teknik Kimia Unimuda yang di inisiasi PT KPI RU VII Kasim di awal tahun 2023 ini, juga dalam rangka meningkat atmosfer riset di Kabupaten Sorong.

PT KPI dan Unimuda merencanakan berbagai agenda riset dan kerjasama, salah satunya riset pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan sagu dan limbah sagu. Riset ini kata Dodi, akan dilaksanakan oleh Fungsi CommRel, CSR & Comp sebagai salah satu bentuk improvisasi program CSR.

Langkah baik ini dimulai sebagai bentuk komitmen perusahaan, untuk terus meningkatkan kemitraan dengan berbagai stakeholder di sekitarnya. Disampaikan Dodi, penelitian ini tidak hanya akan bermanfaat bagi perusahaan maupun kampus, namun juga akan berdampak kepada masyarakat luas.

“Kita semua pasti ingin membawa Papua Barat ini ke arah yang lebih baik. Evaluasi dan improvisasi program CSR, bermitra dengan kampus yang luar biasa, tentu akan membantu kami untuk mendapat sudut pandang expert sains, agar program dan inovasi kami lebih akurat secara keilmuan,” ujar Dodi Yapsenang.

Langkah awal ini diyakini akan membuka berbagai peluang kerjasama riset yang lebih variative kedepannya. Target utama tahun 2023 adalah kedua belah pihak dapat menghasilkan riset yang kemudian mampu diimplementasikan di tengah masyarakat. Grand opening riset diantara kedua belah pihak ini rencananya akan diselenggarakan di Triwulan 1 tahun 2023 ini.

“Kami sangat senang akhirnya dapat melangsungkan kerjasama riset dengan PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim pada tahun 2023. Harapannya, kerjasama tahun ini adalah pintu gerbang untuk berbagai kerjasama lain dikemudian hari,” ujar Nita selaku Kaprodi Teknik Kimia, Unimuda Sorong. JP03

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here