Perayaan Natal di Rumah Pak RT, Miniatur Kerukunan Beragama di Kabupaten Sorong

0
307
Tiga santri mushola Al Hikmah di Jl Walet RT 02 RW 008 Kelurahan Malasom Distrik Aimas Kabupaten Sorong, membantu Frenky Duwith merangkai hiasan pohon Natal. Foto-foto dan naskah: Tantowi Djauhari/JP
Spread the love

MENGENAKAN celana pendek berkaos butut yang sobek di bagian pinggang, Frenky Duwith terlihat sibuk merangkai lampu warna-warni sebagai hiasan pohon Natal di ruang tamu rumahnya. Meski postur tubuhnya tinggi besar, sarjana kehutanan ini masih menggunakan kursi kayu sebagai pijakan, untuk menata lampu di bagian ujung pohon.

Frenky dibantu empat orang anak, tiga laki-laki dan satu perempuan. Muhammad Sello, Muhammad Calfin, Soffi dan Farahia Sofia ini bukan anaknya Frenky yang menjabat sebagai Ketua RT 02 RW 008 Kelurahan Malasom, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong. Mereka adalah santri kecil, yang setiap sore mengaji di mushola Al Hikmah di Jl Walet. Mushola ini hanya berjarak satu rumah dari tempat tinggal Frenky dan keluarga.

Jumat sore, 24 Desember 2021, mereka berempat sengaja libur dulu mengaji. Alasannya, akan membantu membersihkan rumah, menyiapkan kue di atas meja dan merangkai lampu hias di pohon Natal di rumah Frenky.

“Kami sebenarnya tidak menyiapkan apa-apa untuk perayaan Natal ini. Tapi anak-anak di mushola dan para tetangga protes, dan akhirnya mereka sendiri yang menyiapkan semua ini. Mau bagaimana lagi, memang sudah begitu tradisi di lingkungan sini,” kata Frenky. JP01

Seluruh pernak pernik untuk menghias pohon Natal itu, dipilih sendiri oleh anak-anak saat ikut belanja di toko souvenir.
Saat yang lain menghias ruang tahu, anak-anak yang lain menyiapkan kue Natal di ruang tengah di rumah Frenky Duwith.
Frenky bersama anak-anak santri Mushola Al Hikmah usai menata hiasan rumah untuk menyambut Natal 2021.
Saat merayakan Natal, ruang tamu rumah Frenky bukan hanya di penuhi saudara dan teman-temannya yang kristiani. Para tetangga Frenky yang muslim, juga datang silih berganti. Bahkan mereka yang menyiapkan makanan di dapur untuk para tamu yang datang.
Kepala Seksi Binmas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Sorong, Ketua RT 01 dan Ketua RW 08 Kelurahan Malasom berkunjung ke rumah Frenky saat perayaan Natal 2021, Sabtu (25/12/2021).
Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here