Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Sosialisasikan Pemilu 2024 ke Siswa SMA di Teluk Bintuni

0
70
Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPUD Teluk Bintuni, menyampaikan materi kepemiluan pada siswa SMA Meyado, Selasa (24/10/2023). Foto: Tantowi/JP
Spread the love

MEYADO, jurnalpapua – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua Barat dan KPU Kabupaten Teluk Bintuni, melakukan sosialisasi pemilu serentak tahun 2024 ke para siswa di SMA Meyado, Distrik Meyado Kabupaten Teluk Bintuni, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan yang dikemas dalam program KPU Goes to School ini, berlangsung di ruang kelas X. Puluhan siswa SMA Meyado yang mengikuti sosialisasi, terlihat antusias menyimak setiap materi yang disampaikan Deni Dorinus Airory, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPUD Teluk Bintuni.

Menurutnya, sosialisasi pemilu terhadap para siswa SMA kelas XII ini penting mengingat persentase mereka sebagai pemilih pemula, mencapai 20 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Teluk Bintuni. Pemilih pemula adalah mereka yang pada saat hari H pemungutan suara, sudah berusia 17 tahun.

“Tepat pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 mereka yang baru berusia 17 tahun, maka dia berhak ikut pemilu, menggunakan hak pilihnya,” kata.

Keberadaan pemilih pemula ini paling banyak duduk di bangku SMA. Ini juga yang menjadi alasan KPU sebagai penyelenggara pemilu, menyasar sekolah SMA/SMK. Dalam pemilu tahun 2019, disebutkan Deni, persentase jumlah pemilih pemula hampir mencapai 50 persen dari DPT.

“Jangan sampai adik-adik ini ketinggalan informasi pemilu. Sebagai pemilih pemula, adik-adik harus menggunakan hak pilihnya dengan baik. Jangan takut,” tandas Deni.

Sosialisasi ke siswa SMA Meyado ini dihadiri Ketua KPUD Papua Barat, Paskalis Semunya, Sekretaris KPUD Papua Barat Michael Mote, Ketua KPU Teluk Bintuni Mohammad Makmur Memed Alfajri, Komisioner Divisi Hukum KPU Teluk Bintuni Eko Priyo Utomo serta Kasubag Data Kenny Alexander Kindewara.

Ferdinandus Usfinit, salah seorang tenaga pengajar di SMA Meyado mengapresiasi KPU Papua Barat dan KPU Teluk Bintuni, yang telah memilih SMA Meyado sebagai sasaran sosialisasi pemilu 2024.

“Semoga materi yang disampaikan Pak Komisioner, bisa diterima dan dipahami baik oleh para siswa, sehingga partisipasi pemilih pemula dalam pemilu 2024 nanti sesuai harapan,” kata Usfinit.

Anisa, salah satu siswi SMA Meyado mengaku bangga bisa terlibat sebagai peserta sosialisasi pemilu oleh KPU. Melalui kegiatan tersebut, banyak hal baru terkait kepemiluan, yang ia ketahui.

“Semoga dengan sosialisasi seperti ini, pelaksaan pemilu tahun depan menjadi lebih baik,” tukasnya.

Sebelumnya, sosialisasi pemilu 2024 melalu program KPU Goes to School, dilaksanakan KPU Provinsi Papua Barat dan KPU Teluk Bintuni, di SMA 1 Teluk Bintuni pada Senin (23/10/24). Rangkaian selanjutnya, sosialisasi akan digelar di Distrik Babo. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here