Meriahkan HUT 78 TNI, Kodim 1806/TB Gelar Turnamen Panahan Tradisional

0
55
Turnamen panahan tradisional horsebow dan longbow dalam rangka HUT ke 78 TNI AD, di GSG Kalikodok, Sabtu (14/10/2023).
Spread the love

BINTUNI, jurnalpapua – Masih dalam rangka menyemarakkan HUT ke 78 TNI, Kodim 1806/Teluk Bintuni menggelar turnamen panahan tradisional (horsebow) dan panahan tradisional Papua (longbow). Kegiatan yang berlangsung di lapangan GSG Kalikodok pada Sabtu (14/10/2023), dibuka Dandim Letkol Arh Patrick Arya Bima S.IP.

Turnamen digelar dengan berbagai kategori kelompok; Tingkat SD (32 peserta), SMP (38 peserta), Umum Putra (27 peserta) dan Putri (20 peserta), serta kelompok Panahan Tradisonal Papua (12 orang peserta.

Dalam melaksanakan turnamen ini, Kodim 1806/TB bekerjasama dengan Komunitas Bintuni Archery. Komandan Kodim 1806/TB, Letkol Arh Patrick Arya Bima menyampaikan terima kasih atas kolaborasi tersebut, sehingga bisa menyelenggarakan turnamen dengan segala keterbatasan.

“Mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyiapan. Nanti kita bisa perbaiki bersama selanjutnya,” kata Dandim.

Digelarnya turnamen ini, kata Dandim,  salah satu tujuannya adalah untuk mengembangkan bakat minat potensi atlet panahan yang ada di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni dan memperkaya pengalaman bertanding sehingga mental juga bisa tumbuh dan berkembang untuk menyiapkan atlet-atlet panahan ke depan.

“Kita semua tahu, secara tradisional panahan ini di Papua digunakan untuk kepentingan masyarakat namun. Namun dalam kegiatan seperti ini, tradisi itu juga bisa digunakan untuk prestasi sehingga penggunaannya tepat dan bagian dari kearifan lokal itu masih tetap bisa kita pelihara, kita rawat bersama,” kata Dandim. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here