PPP Usung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024

0
238
Mardiono umumkan ganjar sebagai bakal calon presiden. Foto: KOMPAS.COM/JP
Spread the love

JAKARTA, jurnalpapua.id – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono telah mengumumkan dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mardiono lantas menyebutkan sejumlah alasan kenapa PPP mendukung Ganjar sebagai capres. Salah satunya, Mardiono menyinggung kerja sama dengan Ganjar dan PDI-P tak hanya terjadi saat ini, tetapi juga pernah dilakukan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018.

“PPP telah mengantarkan beliau menjadi Gubernur Jawa Tengah yang berpasangan dengan kader PPP, Gus Taj Yasin yang merupakan putra dari Syekh Almahrum Kyai Haji Maimun Zubair, beliau adalah guru kami semua,” ujar Mardiono di Yogyakarta, dikutip dari Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Mardiono kemudian mengatakan, PPP ingin menitipkan kepemimpinan bangsa ke depan kepada Ganjar. Ia menganggap Ganjar merupakan figur yang memiliki visi dan misi sama dengan fatsun politik PPP.

“Sebab, PPP yakin, seyakin-yakinnya, bahwa dengan kultur berasal dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU), beliau pasti memiliki visi yang hampir sama dengan PPP,” kata Mardiono.

Mardiono mengatakan, pemilihan Gubernur Jawa Tengah itu sebagai capres telah melalui serangkaian musyawarah kader pimpinan PPP dari cabang hingga pusat sejak Minggu (24/4/2023) sampai Selasa (26/4/2023).

Kemudian, keputusan pengusungan itu diambil melalui mekanisme Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP yang diselenggarakan Selasa, kemarin. “Kelebihan serta kekurangan telah dikaji secara mendalam beberapa nama tokoh berkembang di tengah masyarakat, menjadi sasaran pembahasan dan pengkajian dalam menentukan nilai positif bagi kelangsungan hidup masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Mardiono.

Sebelum PPP, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang dipimpin oleh Oesman Sapta Odang atau OSO lebih dahulu mendukung Ganjar capres. Diketahui, PDI-P telah mengutus Ganjar sebagai capres untuk Pilpres 2024.

Pengumuman itu dibacakan oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). Kemudian, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto mengeklaim, banyak partai politik (parpol) yang melakukan komunikasi pada PDI-P usai pengusungan Ganjar sebagai capres. Namun, ia enggan membeberkan mana saja parpol yang tertarik memberikan dukungan kepada Ganjar. JP03

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PPP Usung Ganjar Capres, Singgung Kerja Sama pada Pilgub Jawa Tengah 2018”.

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here