PAN Hormati PPP yang Resmi Deklarasikan Ganjar Capres 2024

0
86
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (6/12/2022).Foto: KOMPAS.com/JP
Spread the love

JAKARTA, jurnalpapua.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, PAN mengapresiasi keputusan rekan mereka di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), PPP yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

Eddy mengatakan, PAN juga akan menghormati keputusan PPP tersebut. “Pertama, kami mengapresiasi apa yang telah diputuskan oleh PPP yang akan mengusung Pak Ganjar Pranowo sebagai capresnya. Tentu itu sebuah keputusan yang kami hormati,” ujar Eddy, dilansir dari Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Kemudian, Eddy menyinggung rencana pertemuan antara para ketua umum parpol yang tergabung dalam KIB di kediaman Airlangga Hartarto pada Kamis (27/4/2023).

Menurutnya, mereka tidak sekadar membahas posisi masing-masing parpol atau posisi KIB dalam mengusung capres dan cawapres yang akan datang. Namun, para ketum parpol KIB juga bakal membicarakan kelanjutan pembentukan dari koalisi besar yang dikomandoi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di markas PAN beberapa waktu lalu.

“Nah, ini kita akan melakukan pembahasan tersebut. Dan pembahasan tersebut akan dilaksanakan berdasarkan sebuah konsep kebersamaan, kebersamaan untuk mencapai sebuah tujuan cita-cita bersama untuk mencapai sebuah musyawarah mufakat dalam mengusung capres dan cawapres di tahun 2024 mendatang,” kata Eddy.

Eddy lantas menekankan, apa pun hasil pembahasannya akan bertujuan untuk mendorong calon pemimpin yang nanti akan memimpin bangsa ini secara utuh bersama-sama.

Lebih lanjut, menurutnya, KIB juga bergotong royong untuk membangun bangsa dan masyarakat Indonesia ke depannya. Sebagai informasi, PPP resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres). Pernyataan itu disampaikan di Yogyakarta, Rabu (26/5/2023).

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengungkapkan beberapa alasan pihaknya memberikan dukungan pada Ganjar sebagai capres. Di antaranya, Ganjar dianggap punya kapasitas untuk menjadi orang nomor satu republik ini.

Baca juga: PPP Usung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024

“Kapasitas, integritas dan acceptabilitas beliau sangat layak untuk menduduki posisi sebagai pemimpin bangsa,” ujar Mardiono di Yogyakarta.

Terbukti, kata Mardiono, Ganjar memiliki tingkat elektoral yang mumpuni dari hasil sejumlah lembaga survei. “Dukungan popularitas dan elektabilitas telah dibuktikan oleh berbagai lembaga survei dengan menempatkan posisi teratas bila dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya,” kata Mardiono.

Kemudian, Ganjar memiliki latar belakang sejarah yang dekat dengan PPP. “Karena beliau, mertuanya, almahrum Bapak Achmad Musadik Supriyadi pernah menjabat sebagai ketua DPC Purbalingga pada empat periode pada 1973 – 1991. Hingga saat ini rumah beliau juga digunakan sebagai kantor cabang PPP di Kabupaten Purbalingga,” ujarnya.

“Selanjutnya juga kakak ipar beliau, Nurul Hidayah, saat ini juga sebagai Ketua DPC PPP Purbalingga. Sekaligus, anggota fraksi PPP DPRD Jawa Tengah,” kata Mardiono lagi.

Alasan selanjutnya, Ganjar dianggap memiliki visi yang sama dengan PPP. Sebab, dibesarkan oleh keluarga yang Nahdlatul Ulama (NU). “Melalui prinsip politik religius sebab PPP yakin dengan kultur berasal dari NU beliau pasti miliki visi yang hampir sama dengan PPP. Semoga Indonesia yang didambakan oleh umat dan pendiri bangsa ini bisa jadi negeri yang kuat dan rakyat sejahtera lahir dan batin,” ujar Mardiono.

Atas berbagai alasan tersebut, Mardiono dan segenap kader PPP memiliki keyakinan untuk mendorong Ganjar dalam kontestasi perebutan kursi RI-1 mendatang.JP03


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PAN Hormati PPP yang Resmi Deklarasikan Ganjar Capres 2024”.

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here