50 Pasukan Raider Khusus Tuah Sakti Amankan Moskona Barat Bintuni

0
265
Sebanyak 50 prajurit Satgas BKO dari Yonif RK136/TS mengikuti apel di Makodim 1806/TB sebelum diberangkatkan ke Kampung Meyarga Distrik Moskona Barat, Selasa (5/4/2022).
Spread the love

BINTUNI, jurnalpapua.id – Sebanyak 50 tentara dari Satgas Batalyon Infantri Raider Khusus 136/Tuah Saksi Kodam I/Bukit Barisan, diterjunkan untuk melakukan pengamanan di Kampung Meyerga Distrik Moskona Barat Teluk Bintuni, Papua Barat. Upacara pelepasan pasukan ini, di lakukan di halaman Kodim 1806/Teluk Bintuni pada Selasa (5/4/2022).

Komandan Kodim 1806/TB Letkol Inf Kadek Abriawan menyampaikan, 50 personil Satgas BKO dari Sumatera Utara ini akan menjalani tugas pembinaan teritorial, membantu menjaga stabilitas keamanan dan membantu segala kesulitan masyarakat di wilayah Meyerga selama 9 bulan.

“Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada personel BKO Satgas Yonif RK 136/TS Dam I/BB, semoga dalam pelaksanaan Satgas ini selalu mendapat perlindungan dari yang maha kuasa. Saya sebagai Komandan Kodim 1806/Teluk Bintuni, berharap anggota yang akan bertugas agar melaksanakan tugas tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab, dan bersungguh-sungguh serta memaksimalkan segenap kemampuan sebagai seorang prajurit yang profesional,” kata Dandim.

Tugas utama Satgas BKO ini adalah pembinaan teritorial, dalam hal ini melaksanakan komunikasi sosial, Wanwil dan Bakti TNI. Meski tidak mengemban misi tempur, seluruh prajurit ini diingatkan agar senantiasa waspada dan naluri tempur prajurit jangan sampai hilang.

“Karena itu merupakan modal utama prajurit dalam melaksanakan penugasan. Saya berpesan, setibanya di daerah penugasan nanti, segeralah kalian beradaptasi dengan lingkungan dimana kalian ditempatkan. Lakukan analisa situasi dengan cepat, tepat dan akurat agar terhindar dari kesalahan dalam setiap pengambilan keputusan. Setiap menemui hambatan segera adakan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait seperti pihak Kepolisian, Kepala Distrik atau Kepala Kampung, tokoh adat dan tokoh agama setempat,” kata Dandim.

50 prajurit Satgas BKO yang dikirim ke Teluk Bintuni ini, merupakan bagian dari 400 prajurit Satuan Organik Kewilayahan (SOK) Papua Barat tahun 2022 yang di berangkatkan dari markas Yonif RK 136/TS di Tembesi, Sagulung Batam, pada Kamis, 10 Maret 2022 lalu.

“Ijin Bapak Bupati, kami laporkan bahwa saat ini di hadapan kita semua telah hadir personil BKO Satgas Yonif RK 136/TS Dam I/BB sejumlah 50 Orang dipimpin Kapten Inf Setyo, sesuai dengan permintaan Bapak Bupati sebelumnya kepada Pangdam XVII/Ksr pada akhir tahun 2021. Saat ini sama-sama akan kita lepas prajurit-prajurit terbaik yang akan bertugas di pos pengamanan Kampung Meyerga Distrik Moskona Barat,” kata Letkol Kadek Abriawan, menyampaikan laporannya ke Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw.

Selain Bupati Bintuni, yang juga hadir dalam pelepasan pasukan Satgas BKO ini adalah Kapolres Teluk Bintuni, Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni, Kepala Dinas Pertanian serta Kepala Dinas Sosial Teluk Bintuni.

Bupati yang hadir dalam apel pelepasan pasukan memyampaikan, agar personil melakukan pendekatan dan interaksi kepada masyarakat secara humanis, namun tetap waspada.

“Orang Papua itu memang wajahnya terlihat sangar, tapi sesungguhnya hati mereka lembut. Jika kita berbuat baik mereka akan harga itu. Memang tidak dipungkiri bahwa ada oknum-oknum yang memang sebagaimana disampaikan oleh Bapak Dandim tadi, kita perlu waspada. Istilahnya di dalam kolam yang tenang ada buaya. Dari itu kita perlu waspada, dan saya yakin jiwa kewaspadaan itu sudah ada pada diri prajurit,” tukas Bupati. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here