KPU RI Sahkan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2024 Dapil Papua Barat

0
27
Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya (pojok kanan atas), membacakan hasil pleno rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat provinsi, dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Perolehan Suara Tingkat Nasional di KPU RI, Rabu (13/3/2024) malam.
Spread the love

JAKARTA, jurnalpapua – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Nasional yang dilaksanakan KPU RI pada Rabu (13/3/2024) malam, telah mengesahkan hasil perolehan suara Pemilu 2024 untuk jenis pemilihan DPR RI Dapil Papua Barat.

Rapat pleno  nasional hari ke-15 yang dilaksanakan di Kantor KPU RI ini  disiarkan secara langsung (live streaming), dipimpin Idham Holik, Komisioner KPU RI yang juga Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Sebelum ditetapkan, Komisioner KPU Papua Barat yang dipimpin Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya, membacakan perolehan hasil suara Pemilu 2024 yang telah disahkan dalam pleno tingkat Provinsi Papua Barat yang berlangsung di Manokwari pada Senin (11/3/2024).

Pembacaan dan penetapan hasil perolehan suara calon anggota DPR RI Dapil Papua Barat dalam pleno penetapan tingkat nasional ini, berlangsung relatif  singkat,  tanpa  ada satu pun interupsi maupun keberatan yang disampaikan saksi partai maupun dari pihak Bawaslu RI .  

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara yang dibacakan dan disahkan oleh KPU RI, terdapat tiga partai yang berpotensi mendudukkan calonnya sebagai wakil rakyat Papua Barat di Senayan.

Kursi pertama dipastikan milik Partai Golkar, dengan akumulasi perolehan suara partai dan calon sebanyak 95.883 suara. Peraih suara kumulatif tertinggi kedua adalah partai Nasdem dengan total 52.964 suara dan disusul Partai PDI Perjuangan dengan total perolehan suara  43.951 suara.

Dari Partai Golkar, calon Anggota DPR RI yang diprediksi berhak memperoleh kursi pertama ini  adalah drg. Alfons Manibui,  mantan Bupati Teluk Bintuni dua periode.  Dari tiga calon  yang diusung Partai Golkar, Alfons yang  berada di nomor urut 2, berhasil meraih  suara terbanyak, dengan total hasil 41.782 suara sedangkan  calon nomor urut 1, Roma Megawanty Pasaribu dan Muhammad Uswanas, caleg nomor urut 3, masing-masing memperoleh  29.359 suara dan 20.897 suara.

Kursi kedua DPR RI Dapil Papua Barat,  akan menjadi milik Partai Nasdem, yang secara kumulatif  memperoleh suara  terbanyak kedua setelah Partai Golkar yaitu sebesar  52.964 suara. Dari tiga calon DPR RI Dapil Papua Barat yang diusung Partai Nasdem, nama Cheroline Chrisye Makalew unggul perolehan suara diatas 2 (dua) caleg Nasdem lainnya, dengan total perolehan 25.309 suara. Saul Rante Lembang di urutan kedua dengan  perolehan  21.646 suara.   

Kursi ketiga, Partai PDI Perjuangan dapat dipastikan sebagai pemiliknya dengan akumulasi suara partai dan calon  sebanyak 43.951 suara. Dari tiga calon yang diusung PDI Perjuangan, Obeth Rumbruren menjadi calon yang memperoleh suara tertinggi, yakni;  19.638 suara, disusul  Matias Mairuma sebanyak 19.048 suara. Kursi PDIP dipastikan menjadi milik Putra Arfak, Obeth Rumbruren.  

Rapat Pleno Rekapitulasi ditutup dengan ketukan palu oleh Idham Holik  selaku pimpinan sidang, pertanda diterimanya hasil rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu Propinsi Papua Barat. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here