Anak Ketua DPD Nasdem Bintuni Nyaleg di PDI Perjuangan, Sinyal Pecah Kongsi di 2024

0
279
Roland Valentino Kasihiw (berdiri, tengah), anak Ketua DPD Nasdem Teluk Bintuni yang maju sebagai bakal calegnya PDI Perjuangan, diantar oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Teluk Bintuni, Dantopan Sarungallo ke KPUD Teluk Bintuni.
Spread the love

BINTUNI, jurnalpapua.id – Susunan daftar Bakal Calon Legislatif DPRD Kabupaten Teluk Bintuni yang akan bertarung dalam pemilihan umum 2024, beredar ke publik secara berantai melalui grup WA.

Dari susunan nama bakal caleg yang muncul, banyak yang cukup menarik perhatian. Salah satunya Roland Valentino Kasihiw, anak DPD Partai Nasdem Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw.

Namun sebagai anak orang nomor satu di Partai Nasdem yang kini menjabat Bupati Teluk Bintuni, Roland tidak mendaftar sebagai bakal calegnya Nasdem. Roland terdaftar sebagai bakal caleg di PDI Perjuangan nomor urut 1 Daerah Pemilihan Bintuni 1.

Sekretaris DPD Nasdem Teluk Bintuni, Mohammad Jen Fimbay mengakui, masuknya Ketua DPD Nasdem sebagai bakal calegnya PDI Perjuangan, telah menjadi perbincangan publik sejak sebelum pendaftaran bakal caleg ke KPUD dilakukan.

Masuknya Roland ke PDI Perjuangan, juga menimbulkan berbagai spekulasi politik di Teluk Bintuni. Diantara yang muncul adalah sinyalemen runtuhnya kekuasaan Nasdem di gedung parlemen Bintuni, menyusul kecenderungan dukungan politik yang diberikan Ketua DPD Nasdem ke anaknya yang di PDI Perjuangan.

Spekulasi adanya peralihan dukungan yang berdampak pada perolehan kursi Nasdem di DPRD ini, tak dipungkiri Jen Fimbay. Secara professional sebagai seorang politisi, Patrus Kasihiw selaku Ketua DPD Nasdem, kata Jen, masih tetap memberikan dukungan demi eksistensi partai.

“Namun sebagai orangtua Roland, kami tidak tahu dukungan politiknya Kaka Pit seperti apa. Konstelasi ini di internal partai juga sudah kami bahas, untuk meramu bagaimana strategi politik yang akan kami tempuh,” ujar Jen Fimbay dihubungi media ini, Sabtu (20/5/2023).

Masuknya Roland di PDI Perjuangan, diakui Jen, juga akan berdampak pada pecahnya suara dukungan dari masyarakat Kei di Teluk Bintuni terhadap Nasdem. Pengamatan Jen, setidaknya suara kerukunan keluarga ini akan terpecah menjadi tiga bagian; mendukung Stepanus Balubun (Ketua Kerukunan Suku Kei, Caleg Nasdem); mendukung Roland Kasihiw (anak Ketua DPD Nasdem, Caleg PDIP), serta mendukung Herman Ruban, Ketua DPC PKB Teluk Bintuni yang juga maju dari Dapil 1.

Sinyalemen lain melemahnya daya tarik Nasdem sebagai kendaraan politik di 2024, juga muncul dari sosok Agnes, Wakil Ketua Bidang Gerakan Wanita Nasdem. Seperti halnya Roland Kasihiw, istri drg. Ferdinand Mangalik, Kepala Dinas Sosial ini terdaftar sebagai bakal caleg di PDI Perjuangan nomor urut 5 Dapil Bintuni 1.

Namun soal pindahnya pengurus DPD Nasdem ini, dikatakan Jen Fimbay, merupakan ruang demokrasi yang terbuka bagi siapapun dalam menentukan langkah politiknya.

“Kami tidak membatasi siapapun untuk menentukan langkah politiknya. Begitu juga dengan Kaka Agnes, ketika menyatakan ingin maju melalui PDI Perjuangan, kami persilakan untuk mengajukan pengunduran diri sebagai pengurus di Nasdem, supaya kami bisa mencabut kartu keanggotaannya dan bisa mendaftar di partai lain,” ungkap Jen. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here