Semarakkan Idul Fitri, Pemuda Muslimin Yakora Siapkan Pawai Obor dan Takbir Keliling

0
100
Arifin Kokop (paling kanan), ketua panitia Pawai Obor Takbir Keliling Pemuda Muslimin Distrik Yakora.
Spread the love

BINTUNI, jurnalpapua.id – Menyemarakkan malam Idul Fitri 1444 Hijriyah di pedalaman Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat, para pemuda di Kampung Yakora Distrik Yakora menyiapkan kegiatan pawai obor dan takbir keliling kampung.

Kegiatan yang di inisiasi Pemuda Muslimin Papua Distrik Yakora ini, akan berlangsung pada malam lebaran dengan mengambil garis start di halaman masjid Al-Makabaik di ibukota Distrik Yakora.

Ketua panitia pelaksana, Arifin Kokop kepada wartawan menjelaskan, takbir keliling dengan berjalan kaki dan membawa obor ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan para pemuda muslim Yakora.

“Seluruh masyarakat muslim di Yakora akan terlibat dalam semarak malam takbiran ini. Alhamdulillah selama ini kegiatan dapat berlangsung berkat sumbangsih dari para donatur,” ungkap Arifin Kokop, didampingi Dalih Kokop (bendahara panitia) dan Karim Bauw (sekretaris panitia), Selasa (11/4/2023).

Titik kumpul pawai obor untuk takbir keliling ini sengaja dimulai dari halaman Masjid Al-Makabaik, sebagai masjid tertua di Distrik Yakora. Keberadaan masjid Al-Makabaik sendiri telah menjadi symbol persatuan masyarakat adat di Yakora, dimana penamaan masjid merupakan penggabungan dari nama-nama marga yang ada di Distrik Yakora.

Karim Bauw, sekretaris panitia menjelaskan, nama masjid Al-Makabaik merupakan penggabungan dari nama marga Manimi, Kambori, Bauw, Imbimbo dan Kokop. Masjid ini dibangun sejak tahun 2010 silam, ketika Yakora belum terbentuk sebagai distrik.

“Jadi bisa dibilang, Masjid Al-Makabaik ini menjadi masjid tertua di Yakora, dan menjadi symbol persatuan masyarakat adat di Yakora,” ujar Karim.

Sebelum kegiatan pawai obor untuk takbir keliling, para pemuda muslim Yakora akan merangkainya dengan kegiatan Buka Puasa Bersama. Namun untuk kegiatan yang akan mengundang seluruh masyarakat muslim di Distrik Yakora, belum ditentukan tempatnya.

“Nanti setelah kami kembali ke kampung, kami akan musyawarahkan dulu dimana tempat yang pas untuk pelaksanaan buka puasa bersama ini,” tukas Dalih Kokop. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here