Peringati Hari Bekantan, Terminal BBM Banjarmasin Pertamina Resmikan Ekowisata Mangrove Rambai Center

0
67
Pertamina Patra Niaga meresmikan Ekowisata Mangrove dalam rangka memperingati Hari Bekantan.
Spread the love

BANJARMASIN, jurnalpapua.idPT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui unit operasinya Integrated Terminal (IT) Banjarmasin, meresmikan Ekowisata Mangrove Rambai Center di Pulau Curiak Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala.

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) dan Pemda Barito Kuala ini, bertepatan dengan Hari Bekantan pada 28 Maret 2023.

Program Ekowisata Mangrove Rambai Center merupakan program CSR Pertamina IT Banjarmasin yang berfokus pada bidang pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan ekowisata berbasis masyarakat, serta berfokus pada konservasi lingkungan.

Proses pengembangan Program Ekowisata Mangrove Rambai Center melalui beberapa tahapan seperti tahap persiapan, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi.

Selain kegiatan peresmian, agenda kegiatan lainnya adalah penyerahan bantuan Kapal Klotok Wisata untuk Desa Anjir Serapat Muara dan Desa Anjir Serapat Muara 1 yang dilakukan di Stasiun Riset Bekantan Pulau Curiak.

Penjabat Bupati Barito Kuala, Mujiyat menyampaikan, pengelolaan wisata ini bisa dikembangkan lagi untuk menarik banyak wisatawan, bisa melalui pengembangan sumber daya manusia di 3 desa ini dan juga bisa meningkatkan branding desa wisata di Kabupaten Barito Kuala.

Sedangkan Kepala Desa Marabahan Baru, Ali dalam sambutannya menyampaikan, “Kami tetap akan terus mengembangkan destinasi wisata baru di desa ini dengan tetap bekerja sama dengan 2 desa lainnya, dan tidak lupa kami berterima kasih kepada Pertamina yang sudah mendukung desa-desa kami sehingga bisa berkembang sampai sedemikian rupa.”

Pada kesempatan terpisah, IT Manager Banjarmasin, Andi Indrawan menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung program-program pelestarian lingkungan guna menjaga ekosistem alami flora dan fauna endemik Kalimantan dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai aktor utama yang sangat berpengaruh dan terdampak dari program tersebut.

Sementara Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra menyampaikan bahwa kegiatan pelestarian lingkungan ini merupakan salah satu Tanggung Jawab Sosial Lingkungan perusahaan yang saling bersinergi dan mendukung Pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan khususnya nomor 15 yaitu Melindungi, Merestorasi dan Meningkatkan Pemanfaatan Berkelanjutan Ekosistem Daratan, Mengelola Hutan Secara Lestari, Menghentikan Penggurunan, Memulihkan Degradasi Lahan serta Menghentikan Kehilangan Keanekaregaman Hayati.

“Dengan adanya program ini secara umum membuka ruang dan jalan untuk 3 desa wisata sekitar, yaitu Desa Anjir Serapat Muara, Desa Anjir Serapat Muara 1 dan Desa Marabahan Baru,” tukasnya. JP03

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here