Danpom Koarmada II Serahkan Satwa Endemik Papua ke BBKSDA Jatim

0
119
Danpomal Koarmada II, Kolonel Laut (PM) Sugeng Tri saat menyerahkan satwa endemik Papua ke BBKSDA Jatim, Minggu (4/9/2022). Foto : Dispen Koarmada II
Spread the love

SURABAYA, jurnalpapua.id – Komandan Polisi Militer (danpom) Koarmada II Kolonel Laut (PM) Sugeng Tri, menyerahkan satwa endemik Papua ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim di Surabaya, Minggu (4/9/2022).

Dikutip dari siaran pers yang dirilis pada situs web https://koarmada2.tnial.mil.id/, satwa yang diserahkan tersebut diantaranya burung Nuri Kepala Hitam, Kakaktua Raja, Kakaktua Jambul Kuning, Cenderawasih, serta Kangguru Papua.

Danpom Koarmada II Kolonel Laut (PM) Sugeng Tri menyampaikan bahwa satwa tersebut telah diamankan di Pom Koarmada II dari hasil operasi yang dilaksanakan Koarmada II.

“Kami sudah berkoordinasi kemarin dengan pihak BBKSDA Jatim terkait penyerahan satwa dan penyiapan tempat sangkar/kandang burung, dan baru hari ini pihak BBKSDA Jatim siap menerima satwa tersebut dari Pom Koarmada II,” ujar Danpom Koarmada II.

Berita Terkait : KRI Teluk Lada 521 Diduga Jadi Armada Menyelundupkan Ratusan Satwa Endemik Papua

Penyerahan Satwa tersebut diterima oleh Kasi Perencanaan Perlindungan dan Pengawetan (P3) BBKSDA Jatim, Nurrohman. “Pada hari ini, Minggu 4 September 2022, kami telah menerima penyerahan satwa dari Danpom Koarmada II. Selanjutnya, kami akan segera mengembalikan satwa-satwa tersebut ke habitat aslinya”, ujar Nurrohman.

Komandan Polisi Militer (danpom) Koarmada II Kolonel Laut (PM) Sugeng Tri (tengah), bersama Kasi Perencanaan Perlindungan dan Pengawetan (P3) BBKSDA Jatim, Nurrohman (kanan). Foto: Dispen Koarmada II

Disamping itu, pihak BBSKDA Jatim berharap dapat menjalin kerja sama dengan TNI AL dalam hal ini Koarmada II, untuk dapat memberikan sosialisasi kepada prajurit TNI AL tentang satwa yang dilindungi, melaksanakan pelestarian alam khususnya bagi satwa yang hampir punah. BKSDA juga berharap untuk bisa menitipkan ke KRI TNI AL untuk pelaksanaan pengembalian satwa-satwa yang akan dikembalikan ke habitat aslinya diseluruh Indonesia sebagai bentuk dari pelestarian satwa yang dilindungi.

Berkaitan dengan kejadian ini, TNI Angkatan Laut akan menindak tegas dan memberikan sanksi kepada oknum TNI AL yang membawa dan memelihara hewan satwa walaupun karena ketidaktahuan dan tidak untuk diperjualbelikan.

“TNI AL akan memberikan sanksi tegas kepada oknum TNI AL yang melakukan pelanggaran untuk memberikan efek jera dan menjadikan pelajaran bagi siapapun khususnya ABK yang membawa serta memelihara hewan satwa yang dilindungi karena ketidaktahuannya”, ungkap Kolonel Sugeng.

Sementara itu, Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., juga menekankan kepada seluruh prajurit Koarmada II tentang pentingnya melindungi satwa liar endemi dan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah, untuk itu kedepan akan dilaksanakan kerja sama dengan BBKSDA setempat mengadakan sosialisasi terkait satwa yang dilindungi sebagai pembelajaran bagi para prajurit TNI AL. JP03

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here