Sepuluh Perwira Polisi Polres Bintuni Bersumpah Tak Akan Korupsi dan Terima Gratifikasi

0
214
Didampingi rohaniawan muslim dan nasrani, sepuluh perwira polisi bersumpah tidak akan korupsi selama menduduki jabatan di lingkungan Polres Teluk Bintuni. Foto: Tantowi/JP
Spread the love

BINTUNI, jurnalpapua.id – Sebanyak 10 orang perwira polisi di jajaran Polres Teluk Bintuni, bersumpah tidak akan korupsi dan menerima gratifikasi terkait jabatannya sebagai  pelayan dan pengayom masyarakat.

Sumpah dibawah pendampingan rohaniawan muslim dan nasrani yang diucapkan atas nama Tuhan ini, diucapkan saat mereka dikukuhkan sebagai Pejabat Utama (PJU) di lingkungan Polres Teluk Bintuni, dalam upacara serahterima jabatan dan pengukuhan jabatan yang dipimpin Kapolres AKBP Junov Siregar, di halaman Mapolres Bintuni, Kamis (10/2/2022).

Sepuluh orang perwira polisi yang bersumpah sebelum menduduki jabatan barunya ini adalah Kompol Isaac Koko Hosio S.I.K (Kabag Ops menggantikan Kompol Alexander Putra), Kompol Safpe Tambatua Sinaga (Kabag SDM), AKP Sakaria Tampo (PS Kabaglog), Iptu Nasrun (PS Kasat Binmas), Ipda Herman Ales J. Rumfabe (Kapolsek Aranday), Ipda Rico Irianto Christian Baware (PS Kasipropam).

Selanjutnya, Iptu Ihlasan (PS Kasubbag Faskon Baglog), Iptu Yan Yan Apriana Nugraha (Kapolsek Merdey), Ipda Hery Robert Vernando Tonenggo (Kasat Tahti) serta Iptu Jemmy Seplita Sidete, yang menduduki jabatan baru sebagai PS Kasi Humas Polres Teluk Bintuni.

Pejabat Utama Polres Teluk Bintuni menandatangani Berita Acara Serahterima Jabatan dalam upacara di Halaman Mapolres Teluk Bintuni, Kamis (10/2/2022). Foto: Tantowi/JP

Sejatinya ada 13 perwira yang dikukuhkan menduduki jabatan baru. Namun saat pelaksanaan serahterima jabatan, hanya 10 orang yang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Tiga orang yang berhalangan hadir adalah Iptu Lukas Rosihol (PS Kasatpolairud) yang akan menggantikan Iptu Khoirul Arif.

Menurut Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar,  Lukas Rosihol yang sebelumnya menjabat PS  Panit 1 Bagwas Sidik Direktorat Reskrimsus Polda Papua Barat ini sedang sakit.

“Oleh karena itu serah terima jabatannya saya tunda dulu,” kata Kapolres, usai pelaksanaan kegiatan.

Setelah jabatannya di gantikan, Khoirul Arif yang sudah empat tahun duduk sebagai Kasatpolairud, akan menerima jabatan baru sebagai PS Kanit 2 Sibinmasir dan Potdirga Subditpolrairud Ditpolairud Polda Papua Barat.

Pejabat lain yang berhalangan hadir karena sakit saat serah terima jabatan adalah Iptu Karjo. Perwira pertama yang menjabat Kasiwas Polres Bintuni ini, akan menerima jabatan baru sebagai PS Kasiwas. Sedangkan Ipda Imanuel Marthen Dumais yang akan menempati posisi PS Kasikum, meninggal dunia sebelum serahterima jabatan dilaksanakan.

Dari para perwira yang menduduki jabatan baru di lingkungan Polres Teluk Bintuni, terdapat tiga perwira yang menjadi wajah baru, yakni Isaac Koko Hosio, Safpe Tambatua Sinaga serta Lukas Rohisol. Sebelumnya, ketiganya menduduki jabatan di Polda Papua Barat.

Rotasi jabatan Pamen dan Pama ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Papua Barat Nomor : Kep / 29/I/2022 dan Kep / 30/I/2022 tanggal 31 Januari 2022. “Rotasi ini dilakukan sebagai proses peningkatan karir di kepolisian,” tandas Kapolres Junov. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here