Pangdam XVIII/Kasuari: Wartawan di Papua Barat Harus Berkualitas dan Kompeten

0
170
Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, memberikan sambutan dalam Konferensi Kerja PWI Papua Barat, Jumat (10/12/2021).
Spread the love

MANOKWARI, jurnalpapua.id –  Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat, harus mampu mewujudkan SDM wartawan yang berkualitas dan memiliki kompetensi. Standar ini penting, karena tugas dan tantangan ke depan yang harus dijawab oleh insan pers cukup berat.

Penegasan ini disampaikan oleh Panglima Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, saat menghadiri pembukaan Konferensi Kerja PWI Papua Barat di Manokwari, Jumat (10/12/2021).

“Jadi tugas rekan-rekan wartawan juga cukup berat, bagaimana mengedukasi masyarakat, menyajikan berita-berita yang sehat jangan sampai masyarakat kita tersesat membaca berita yang begitu banyak,”kata Pangdam saat memberikan sambutan.

Ia menambahkan, yang paling penting adalah sebagai agen perubahan para wartawan bertanggung jawab terhadap apa yang  ditulis, karena senjata pena saat ini lebih berbahaya dibanding amunisi.

“Kalau senjata pena ini disalahgunakan dengan membuat berita yang menyesatkan, hoax maka selesai kita. Jadi tugas ini sangat berat disamping amanah juga tantangan kita dalam melaksanakan tugas,” ucap Pangdam.

Pangdam juga mengatakan, tugas insan pers juga mengemban tugas moral dimana harus menyajikan berita yang sehat, berkualitas, yang baik bukan menimbulkan situasi menjadi resah karena insan pers juga memberikan peran pendidikan politik bagi masyarakat.

Insan pers juga sebagai media komunikator yang baik dengan masyarakat, dengan diberikannya kebebasan dan kemajuan pers diharapkan tidak disalahgunakan.

Berita Terkait:

Ketum PWI Kembali Mengingatkan, Wartawan Tak Boleh Jadi Pengurus Partai

Konferensi Kerja PWI Papua Barat, Gubernur: Ada Tiga Peran Pers yang Harus Menonjol

“Saya berharap rekan-rekan wartawan juga harus mampu melawan berita hoax, harus independen dan tetap memegang kode etik jurnalistik. Kedepan saya berharap organisasi PWI dapat mengambil langkah strategi kolaborasi, karena kita tidak cukup hanya dengan berdialog untuk mengeksekusi tantangan kedepan,” kata Pangdam. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here