Jurnalis Papua Barat Borong Kompetisi Penulisan Feature Hulu Migas 2021

0
199
Spread the love

SORONG, jurnalpapua.id – Jurnalis dari Papua Barat memborong kompetisi penulisan feature Hulu Migas yang diselenggarakan SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku, bekerjasama dengan Universitas Papua (UNIPA) Manokwari. Pengumuman pemenang lomba ini dilakukan di hotel bintang empat di Kota Sorong pada Selasa (23/11/2021).

Selain mendominasi sebagai pemenang, jurnalis di Papua Barat juga dominan dalam mendapatkan penghargaan dari SKK Migas – KKKS, karena perhatian dan intensitasnya dalam mempublikasikan isu-isu sektor hulu migas di wilayah Papua Maluku.

Kuli tinta yang keluar sebagai pemenang dalam kompetisi penulisan feature Hulu Migas ini adalah John Nikita Sahusilawane, wartawan portal berita online BERANDAMALUKU.COM dari Maluku (Pemenang I), Tantowi Djauhari, wartawan JURNALPAPUA.ID sebagai Pemenang II, dan Joan Nandarsyah Putra dari portal berita LINKPAPUA.COM sebagai Pemenang III.  

Untuk pemenang Harapan I, II dan III, juga diraih jurnalis Papua Barat, masing-masing Olha Irianti Mulalinda (SORONGNEWS.COM), Syaiful Umam (SORONGNEWS.COM), dan Wahyudhi (RRI Sorong) serta Fransiskus S. Weking (PAPUABARATNEWS.CO).

Jurnalis di Papua Barat yang intens menulis isu-isu hulu migas, juga mendapatkan penghargaan dari SKK Migas-KKKS dengan kategori Pemberitaan Terbanyak. Mereka adalah Bustam (KLIKPAPUA), Olha Irianti Mulalinda (SORONGNEWS.COM), Yacob Nauly (SUARA KARYA.ID) serta Richard Voges (TIFACENDRAWASIH).

Sedang penghargaan kepada jurnalis Maluku dengan kategori yang sama, diberikan kepada John Nikita Sahusilawane (BERANDAMALUKU), Simon Lolonlun (DHARA POS), Marselus Kalkoy (SIMPULRAKYAT) serta Gea Sinay (INDONESIA TIMUR).

Randa P.J Melato, dosen UNIPA yang menjadi panitia kompetisi ini menjelaskan, jumlah jurnalis Papua Maluku yang mendaftar dalam kompetisi ini sebanyak 20 orang. Yang menjadi obyek dalam penulisan feature Hulu Migas ini adalah Karya Tulis Ilmiah (KTI) Mahasiswa di Papua dan Maluku, yang mengulas tentang Masa Depan Minyak dan Gas di Papua Maluku.

Untuk kegiatan Kompetisi Karya Tulis Ilmiah yang digelar dalam rangka Dies Natalis Universitas Papua ini, diikuti 20 pendaftar dari kelompok mahasiswa. Dari jumlah itu, yang lolos ke babak final sebanyak tujuh kelompok. Ada tiga aspek yang menjadi penilaian dari LKTI Mahasiswa ini, yakni aspek penulisan, aspek keterkaitan topik yang diusung dengan tema kegiatan, serta aspek kebaruan ide dan tampilan.

Kelompok mahasiswa yang memenangi kompetisi ini berasal dari UNIPA (Radhiyah Faizah, Maria Simanjutak, Eka Kurnia Sari), pemenang kedua Tim Mahasiswa UNIMUDA Sorong yang beranggotakan Lidya Putri Prasetyaningtyas, Lusiana Lumbantoruan, Suhria Heremba, dan Pemenang Ketiga dari Tim Mahasiswa UNIPA (Rizal Rumakey dan Yasir Abdan Syakur).

Empat finalis yang berasal dari UNIPA, Politeknik Negeri Fakfak serta Universitas Cenderawasih yang tidak menjadi pemenang, juga mendapatkan penghargaan dari SKK Migas Pamalu-KKKS. JP03

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here