Sampah Jadi Pulsa! Indosat Ajak Bikers MotoGP Mandalika Jaga Lingkungan

0
8
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meluncurkan kampanye lingkungan bertajuk #TrashFreeRace dalam ajang MotoGP Mandalika 2024.
Spread the love

MATARAM, jurnalpapua Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meluncurkan kampanye lingkungan bertajuk #TrashFreeRace dalam ajang MotoGP Mandalika 2024. Kampanye ini menjadi salah satu bagian dari inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) yang fokus pada pilar kelestarian lingkungan. Dengan slogan “Sampah Jadi Pulsa”, Indosat berupaya mendorong kesadaran publik untuk menjaga kebersihan melalui pengelolaan sampah yang inovatif.

Sampah Jadi Pulsa: Inovasi di MotoGP Mandalika, Inisiatif ini memungkinkan para penonton MotoGP dan masyarakat lokal menukarkan sampah botol plastik menjadi pulsa atau paket data IM3 dan Tri. Melalui Reverse Vending Machine (RVM) yang ditempatkan di sekitar Sirkuit Mandalika, para peserta dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan sembari menikmati ajang balapan bergengsi ini. Setiap botol plastik yang dikumpulkan akan bernilai poin, yang kemudian bisa ditukarkan dengan pulsa.

Untuk memperluas dampak kampanye, Indosat bekerja sama dengan pelaku usaha lokal dan menempatkan dropbox “Sampah Jadi Pulsa” di lima titik strategis di Kuta Mandalika. Selain itu, kampanye ini didukung oleh berbagai platform digital untuk menyebarkan pesan pentingnya pemilahan dan pengelolaan sampah secara bertanggung jawab.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Indosat Ooredoo Hutchison ini dan berharap hal tersebut bisa memotivasi pihak lain untuk memberikan dampak yang lebih luas.Kami percaya bahwa teknologi digital dapat membawa kemajuan bagi peradaban manusia dan pelestarian lingkungan hidup khususnya di Nusa Tenggara Barat,” ujarAmrul Ikhsan,CEO Conplas.

Sampah botol plastik yang terkumpul akan dikelola oleh mitra pengelola sampah lokal, Conplas. Mereka akan mendaur ulang botol plastik menjadi paving block yang nantinya digunakan untuk pembangunan infrastruktur di Lombok. Langkah ini bukan hanya melestarikan lingkungan, tetapi juga memberdayakan masyarakat dan UMKM setempat.

Menurut Fahd Yudhanegoro, EVP Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison, kampanye ini adalah langkah awal untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan secara berkelanjutan, sambil memberdayakan masyarakat untuk mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Untuk berpartisipasi, masyarakat hanya perlu membawa botol plastik ke dropbox dan memasukkan nomor ponsel Indosat mereka. Setelah verifikasi OTP, mereka bisa langsung menukarkan botol plastik menjadi poin. Setiap botol plastik dihargai 50 poin, dan minimal 1.000 poin dapat ditukar dengan pulsa. Sebagai apresiasi, setiap orang yang mendonasikan botol pertama mereka akan langsung menerima 1.000 poin.

Sejak diluncurkan pada tahun 2022, RVM Indosat telah berhasil mengumpulkan sekitar 23.000 botol plastik, yang setara dengan 437 kg plastik. Program ini dipercaya akan terus mendukung upaya pelestarian lingkungan sembari memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.(JP02)

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here