Survey Elektabilitas Wakil Bupati Teluk Bintuni; Nama Alimudin Baedu Juara, Disusul Joko Lingara

0
10
Spread the love

BINTUNI, jurnalpapua – Nama Kepala Bappeda Kabupaten Teluk Bintuni, DR. Alimudin Baedu menempati urutan pertama sebagai tokoh yang dipilih sebagai Wakil Bupati Teluk Bintuni periode 2024 – 2029.

Berdasarkan survey yang dilakukan lembaga konsultan politik, Charta Politika Indonesia di 24 distrik di Kabupaten Teluk Bintuni, Alimudin Baedu dipilih oleh 52,8 persen responden.

Urutan kedua setelah Alimudin, ada nama Ketua DPC PPP Teluk Bintuni, Joko Lingara Iribaram yang mendapatkan porsi sebanyak 20,8 persen.

Periode survey yang dilakukan Charta Politika Indonesia pada 17 – 23 Mei 2024 ini, melibatkan 400 responden yang tersebar di 24 distrik di Kabupaten Teluk Bintuni.

Metode wawancara dalam survey adalah wawancara tatap muka (face to face interview), dengan multistage random sampling. Margin of error atau tingkat kesalahan dalam survey, sebesar 4,9 persen.  

Di ruang publik Bintuni, nama Alimudin Baedu gencar muncul sebagai birokrat yang akan maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Teluk Bintuni periode 2024-2029. Awalnya nama Alimudin dipasangkan dengan Yohanis Manibuy, Ketua DPD II Partai Golkar Teluk Bintuni dengan akronim YOSIM.

Belakangan, nama Alimudin berubah tandem dan berpasangan dengan Daniel Asmorom dengan akronim DAMAI. Posisi Alimudin sebagai pendamping Anisto-sapaan populer Yohanis Maibuy-, digantikan Joko Lingara, dengan brand kampaye YO JOIN.

Namun hingga kini, Alimudin belum menetapkan pilihan akan berpasangan dengan siapa, dan maju sebagai bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati Teluk Bintuni yang diusung oleh partai apa.   

Selain nama Alimudin dan Joko Lingara, nama tokoh lain yang masuk dalam radar survey calon Wakil Bupati oleh Charta Politika Indonesia adalah Matret Kokop. Nama tokoh yang kini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Teluk ini, elektabilitasnya berada di angka 5,5 %.

Di bawah nama Matret Kokop, ada Markus Maboro dengan elektabilitas 3,3% persen; Robert Manibuy (2,8 %); Erwin Beddu Nawawi (2,3%); Dominggus Urbon (2,0%); Samsudin Seknun (1,8%); Abraham Benyamin Harjo (1,0%).

“Alimudin Baedu (52,8%) dan Joko LIngara (20,8%) menjadi nama tertinggi pilihan responden sebaai Wakil Bupati,” begitu kutipan disclaimer yang dirilis Charta Politika. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here