Enam Belas dari 20 Anggota DPRD Teluk Bintuni Kembali Nyaleg di 2024

0
283
Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni periode 2019 - 2024 yang kembali maju dalam kontestasi pileg 14 Februari 2024.
Spread the love

BINTUNI, jurnalpapua – Sebanyak 16 politisi dari 20 orang yang saat ini duduk di kursi DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, kembali maju sebagai calon wakil rakyat.

Dari pengumuman yang disampaikan KPU Teluk Bintuni Nomor 1016/PL.01.4- Pu/9206/2023 tentang Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, 16 calon legislatif itu akan ikut kontestasi dalam Pemilu Legislatif pada 14 Februari 2024.

Partai Nasdem yang paling banyak terdapat caleg incumbent. Dari tujuh orang kader Partai Nasdem yang menjadi anggota DPRD periode 2019-2024, semuanya ingin kembali duduk di kursi empuk DPRD Bintuni.

Dari daerah pemilihan 1, ada nama Simon Dowansiba yang saat ini menjabat Ketua DPRD, Stepanus Balubun, dan Nasarius Iba. Dari Dapil 2, ada Romilus Tatuta dan Andreas Nauri, serta Sopia Regina Yerkohok dan Jefri Orocomna di Dapil 3.

Diurutan kedua ada Partai Golkar, dengan jumlah kader incumbent yang kembali maju sebagai calon wakil rakyat. Mereka adalah Markus Maboro di Dapil 1, Muhamad Tiakoly dan Ayor Kosepa. Dua anggota DPRD dari Golkar lainnya, yakni Herlina Husain dan Erwin Bedu Nawawi, tidak nyaleg di Teluk Bintuni. Erwin rencananya naik kelas di DPRD Provinsi Papua Barat.

Tiga anggota DPRD Teluk Bintuni dari Partai Perindo, yakni Yohanis Pongtuluran, Sujono dan Anthon Asmorom juga kembali ambil bagian dalam perebutan kursi parlemen pada 14 Februari 2024. Sujono yang sebelumnya maju dari Dapil 2, pindah ke Dapil 1.

Dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), anggota DPRD Teluk Bintuni yang kembali nyaleg ada nama Yasman Yasir, yang masih betah berkarir politik di Kabupaten Teluk Bintuni bersama Hans Tatiorim. Meski menjabat Ketua DPW PPP Provinsi Papua Barat, Yasman Yasir belum ingin naik kelas sebagai anggota DPRD di provinsi.

Yang terakhir, anggota DPRD Teluk Bintuni periode 2019-2024 yang masih ingin mendapat kepercayaan dari rakyat untuk duduk di kursi parlemen adalah Timi Aneiri. Timi yang sebelumnya sempat mendaftar melalui Partai Golkar, saat ini kembali menetapkan pilihannya maju di Dapil 1 Bintuni melalui Demokrat, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) dan PDI Perjuangan yang saat ini juga memiliki kader di kursi DPRD, memilih menampilkan wajah-wajah baru kadernya. Dantopan Sarungalo serta Yulius Malton Paramma yang saat ini duduk sebagai wakil rakyat dari Partai PDI Perjuangan dan PAN, memilih naik kelas untuk menjadi wakil rakyat di Provinsi Papua Barat. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here