Kalender Promosi Dagang 2025: Langkah Konkret Kementerian Perdagangan Tingkatkan Ekspor

0
49
Mendag Budi Santoso/ ist
Spread the love

JAKARTA, jurnalpapua – Menteri Perdagangan Budi Santoso, yang dikenal sebagai MendagBusan, telah meluncurkan Trade Promotion Calendar 2025. Peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan konferensi pers pertama tahun ini pada Senin, 6 Januari, di Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Peluncuran Trade Promotion Calendar 2025 merupakan wujud komitmen Kementerian Perdagangan dalam memenuhi amanat Pasal 114 Peraturan Pemerintah Nomor 29 tentang Penyelenggaraan Perdagangan. Kementerian Perdagangan berperan sebagai koordinator utama berbagai kegiatan strategis untuk mendorong ekspor nasional, termasuk pameran dagang dan misi dagang.

“Sepanjang 2025, Kementerian Perdagangan akan berpartisipasi dalam 173 pameran dagang internasional, menggelar lima misi dagang, menyampaikan 180 panduan Informasi Pasar Ekspor, serta melaksanakan business matching,”ungkap Mendag Busan dalam keterangan resminya Senin (6/1)

Mendag Busan berharap, dengan Kalender Promosi Dagang 2025, Kemendag dapat mendorong pencapaian target pertumbuhan ekspor sebesar 7,1 persen dan pertumbuhan ekspor pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) 9,63 persen pada 2025.

Mendag Busan juga berharap, para pelaku UMKM dapat mengikuti berbagai ajang internasional tersebut untuk mempromosikan produk-produk Indonesia melalui fasilitasi kementerian dan lembaga pembina UMKM.

Menurut Mendag Busan, partisipasi Kemendag dalam 173 pameran dagang internasional akan tersebar di lima benua. Pameran terdiri atas 66 pameran di Asia, 50 pameran di Eropa, 31 pameran di Amerika, 10 pameran di Afrika, 9 pameran di Australia, dan 7 pameran di Indonesia.

“Pameran-pameran dagang internasional ini turut mencakup sektor unggulan seperti makanan dan minuman, furnitur dan dekorasi rumah, elektronik, otomotif, hingga jasa. Pameran ini tersebar di lima benua,”kata Mendag Busan.

Sedangkan pada pelaksanaan lima misi dagang pada 2025, Kemendag menyasar empat negara tujuan ekspor, yaitu Filipina, Kanada, Jepang, dan Arab Saudi.(JP02)

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here